MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan :
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B. KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
• unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
• unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1 |
| • Bersahabat/ komunikatif | • Kepemimpinan |
2 |
| • Tanggung jawab | |
3 |
| ||
4 |
|
E. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
• Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.
F. METODE PEMBELAJARAN :
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Demonstrasi
G. STRATEGI PEMBELAJARAN
TatapMuka | Terstruktur | Mandiri |
• Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. | ||
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) | ||
• Mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung | ||
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman. | ||
• Siswa dapatMenyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya. | ||
• Siswa Menyimpulkan tentangsiaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung. |
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No | Kegiatan Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | 1. Kegiatan Awal : - Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini. Bersahabat/ komunikatif | |
2 | 2.Kegiatan Inti :
| |
3 | 3. Kegiatan Akhir : - Refleksi - Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini. Bersahabat/ komunikatif |
I. ALOKASI WAKTU : 4 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku cerita/kaset
LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Uraian bebas
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment